Layouts, Views and Resources DEMO (Android Development Fundamentals, Unit 1: Lesson 1.2)

(musik energik) Oke, sekarang langsung saja kita lihat kepraktisan layout, view, dan penanganan acara. Jadi, saya akan membuat proyek baru untuk itu. Sebut saja… TampilandanAcara Saya akan membuat Aktivitas Kosong. Dan nama aktivitas utama saya adalah MainActivity. Dan file XML akan menjadi activity_main . Biarkan Gradle membangun proyek. Baik. Setelah Gradle dibuat, kita dapat mendesain UI kita sekarang. Jadi untuk aplikasi khusus ini, Saya akan membuat judul saya sebagai … UI dan Acara. Dan saya akan mengubah atribut saya di sini. Jadi beginilah cara Anda mendesain UI dengan Layout Editor, yang baru saja kita lihat di slide kita.

Jadi, Anda dapat menyeret UI lain. Katakanlah sebuah tombol. Atau Anda dapat menyeret TextView lain, dan simpan di mana saja atau letakkan di mana pun Anda mau pada tata letak Anda. Jadi, jika Anda memeriksa Pohon Komponen sekarang, tata letak root di sini adalah RelativeLayout , dan di dalam RelativeLayout ada dua TextView. Satu, saya sudah mendefinisikan sebagai Title . Satu lagi, saya baru saja menyeret dan menjatuhkan. Jadi, yang pertama ini, Anda selalu dapat memberikan ID seperti judul saya . Ini adalah praktik yang baik untuk memberikan ID ke semua komponen UI Anda. Jadi, yang kedua, sekali lagi, adalah TextView lain . Sekarang, Anda selalu dapat melanjutkan dan mengubah properti dari TextView ini juga. Jadi, Anda selalu dapat melanjutkan dan mengubah properti dari panel kanan, dan di sana Anda akan menemukan semua properti berubah. Ambil ukuran layar apa pun, mungkin 30 sp. Atau 36 sp. Seperti yang kita bahas, untuk TextViews , atau untuk ukuran font, kita akan menggunakan piksel penskalaan. Atau Anda selalu dapat pergi ke bagian pengkodean. Ini adalah bagian desain– Layout Editor. Bagian kedua adalah bagian pengkodean Anda. Jika Anda pergi ke bagian teks, di sini, Anda akan melihat itu Anda bahkan dapat memutuskan semua atribut dari sini. Katakanlah saya ingin mengubah warna.

android:textColor . Dan saya ingin menggunakan warna yang sudah ditentukan di my sumber daya warna. Jadi kamu melihat dari bagian teks Anda juga, atau dari bagian XML Anda juga, Saya benar-benar dapat mengubah tampilan saya, atau mengubah properti tampilan saya. Jadi, di sini, sekarang saya akan … Di sini, sekarang saya akan mengubahnya teks Anda . Maaf. Teks Anda . Sekarang di sini, apa sebenarnya yang akan dilakukan contoh saya … Saya akan meletakkan dua tombol di sini, dan menyebutnya Ubah 1 , dan saya akan meletakkan tombol lain, dan sebut saja Change2 . Dan dengan mengklik kedua tombol ini, TextView saya akan berubah. Sekarang, sebelum saya mendefinisikan pendengar klik saya untuk itu, mari kita tentukan ID untuk tampilan ini. Seperti yang saya katakan, ini adalah praktik yang baik untuk mendefinisikan ID untuk setiap tampilan, karena jika Anda ingin menggunakan tampilan ini nanti di file Java Anda, Anda selalu bisa melakukan itu. Jadi, di ID tampilan teks ini, saya akan meletakkannya t1 . Tekan Ya . Dan di tombol ini, saya meletakkan b1 . Dan di tombol kedua, saya memberikan b2 . Jadi, tombol pertama, saya akan menangani dengan cara Java saya– itu adalah cara pengkodean saya. Yang kedua, saya akan menangani dengan cara XML saya.

Kami baru saja melihat bahwa ada dua cara untuk menangani tombol pada pendengar klik. Atau acara klik. Jadi, kita akan melihat keduanya. Jadi, pertama, ketika saya ingin menangani tombol saya dengan bagian pengkodean, Saya akan datang ke kode Java saya, dan saya perlu mengubah TextView saya, jadi, saya perlu mendapatkan akses TextView saya. Untuk itu, saya akan membuat referensi TextView . Dan saya tahu pendengar klik saya atau acara saya akan dihasilkan dari tampilan yang dikenal sebagai Button . Jadi, saya akan membutuhkan referensi Button juga. Kemudian, untuk merujuk tampilan ini langsung dari file XML Anda, Saya perlu menggunakan nama meta findViewById .

Jadi, findViewById. Ini mengembalikan saya bentuk objek, jadi saya perlu mengetikkannya ke TextView . Jadi, bagaimana saya mendapatkan [akses] dari TextView yang sama — untuk itu kami memiliki R Java, file R.java , dan kami akan melakukan R. — karena itu ID– jadi R.id.t1 . Dan sekarang, t1 ini, atau TextView ini, mengacu pada TextView yang sama ini. Jadi, itulah tujuan kami. Untuk merujuk TextView yang sama persis dengan yang telah Anda tetapkan di tata letak Anda. Dengan cara yang sama, saya juga dapat merujuk ke tombol yang sama, dengan mendefinisikan TombolfindViewById(R.id.b1) Setelah itu, selanjutnya ketika kita melakukannya dengan coding, Saya perlu menempatkan pendengar untuk mendengarkan itu, karena, sampai sekarang, hanya ada [tidak terdengar], yaitu Button , jadi untuk menempatkan pendengar, Saya perlu melakukan implementasi OnClickListener .

Dan pastikan Anda meletakkan kelas OnClickListener of View , bukan kelas DialogInterface . Itu akan dibahas ketika kita mencapai dialog [tidak terdengar]. Jadi, kelas View.OnClickListener– dan itu akan memberi Anda kesalahan karena OnClickListener adalah antarmuka, dan antarmuka di Java tidak memiliki metode abstrak yang perlu Anda terapkan. Jadi, ketika Anda mengklik balon ini– balon merah– dan itu akan memberi Anda semua metode abstrak yang ada di antarmuka khusus ini. Anda hanya perlu menekan OK , dan metode tersebut akan diterapkan untuk Anda. Jadi, sekarang ada pendengar, ada penangan. Tapi tetap saja, Anda perlu mendaftarkan sumber acara Anda dengan pendengar Anda. Artinya, Anda perlu mendaftarkan tombol Anda dengan pendengar Anda. Jadi, bagaimana kita mendaftar? setOnClickListener , dan letakkan ini . Sekarang, ini di sini berarti Anda menangani pendengar khusus ini di dalam kelas ini saja. Di dalam MainActivity ini saja. Itulah alasan saya meletakkan ini di sini. Sekarang, yang perlu saya lakukan sekarang adalah memasukkan kode untuk mengubah TextView Anda di dalam penangan onClick Anda.

Jadi, bagaimana cara mengubah TextView saya? Jadi, saya memiliki referensi TextViewt1 . Yang perlu saya lakukan adalah setText , dan beri nama– menempatkan apa pun teks yang Anda inginkan. "Anda mengklik Tombol 1" Dan itu saja. Jadi, sekarang, jika Anda menjalankan aplikasi ini– Jadi, sekarang, jika Anda menjalankan aplikasi ini dengan emulator Anda, itu akan terlihat persis seperti UI yang telah Anda rancang untuk aplikasi utama Anda. Dan ini akan memiliki dua tombol. Tapi tombol kedua tidak akan berfungsi sekarang, karena Anda belum benar-benar memberikan pendengar, atau Anda belum benar-benar menangani tombol kedua Anda. Tapi tombol pertama Anda, jika Anda mengklik tombol pertama Anda– Lihat di sini– "Anda mengklik Tombol 1". Jadi, itu saja. Anda telah menangani tombol pertama Anda. Sekarang, mari kita lihat bagaimana tepatnya kita bisa mengatasinya acara klik saya dengan cara yang lebih mudah.

Jadi, kami hanya melihat cara Jawa. Sekarang, mari kita bicara tentang cara XML. Jadi, dengan cara XML, yang harus Anda lakukan hanyalah mengklik tombol Anda, dan tekan Ctrl , dan klik itu, dan itu akan mentransfer Anda ke bagian pengkodean Anda. Dan di dalamnya, yang harus Anda lakukan adalah meletakkan nama atribut onClick . Dan beri nama apa saja, mungkin lakukan Sesuatu . Itu bisa berupa doTask . Itu bisa berupa changeText . Apa pun yang Anda taruh di sini … apa pun nama fungsinya, atau apa pun namanya Anda letakkan di sini, salin saja nama ini– dan masukkan nama yang sama di dalam aktivitas itu di mana Anda menggunakan tata letak ini. Jadi, tanda tangan dari fungsi itu akan menjadi public void doSomething dan di dalamnya, itu adalah View . Dan di dalam ini sekarang, Anda dapat menangani tombol ini secara terpisah. Sekarang, setTeks "Anda mengklik tombol 2" Jadi, Anda lihat sekarang Anda tidak membutuhkan pendengar, Anda tidak perlu memberikan ID atau mendapatkan tombol [aksesor].

Semuanya telah diurus oleh atribut onClick khusus ini. Jadi sekarang, jika Anda menjalankan ini– tombol ini juga telah ditangani dengan cara XML. Jadi, jika Anda mengklik CHANGE2 sekarang, itu akan menunjukkan "Anda mengklik tombol 2" . Jika Anda mengklik UBAH 1 sekarang, itu akan menunjukkan, "Anda mengklik Tombol 1". Jadi, begitulah cara Anda menangani acara dan [UI] Anda. (musik energik).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *